Oleh: ngalamkuliner | September 12, 2008

Nyam Nyam di Mojang Priangan

Nasi Liwet

Nasi Liwet banyak dijumpai di berbagai daerah di Pulau Jawa. Tetapi di tiap-tiap daerah memiliki rasa yang khas dan berbeda. Begitu juga dengan sajian nasi liwet khas Pariangan yang memiliki kekhasan tersendiri. Nasi liwet Priangan nggak menggunakan santan dalam proses pemasakannya. Meski tidak diberi santan, tetapi rasanya tetap enak karena ada bumbu-bumbu yang dicampu saat memasak nasi.

Ulukutek Leunca dan semur jengkol

Nama ulukutek leunca terdegar asing di telinga orang Malang. Tetapi soal rasa, masakan yang satu ini tidak seaneh namanya. Makanan pendamping nasi liwet ini sejenis oseng tempe yang dicampur dengan leunca. Di Kota Malang, leunca lebih dikenal dengan nama pokak, yakni semacam sayuran yang berbentuk bulat kecil.Selain ulukutek leunca, nasi liwet juga enak ditemani dengan semur jengkol. Tapi kalau nggak suka dengan makanan yang berefek panjang ini, sebaiknya pilih makanan pendamping lain yang lebih aman. Hehehe..

Daging Gepuk

Nasi dan pendampingnya sudah kita pindah ke piring. Nah, sekarang saatnya kita memilih lauk yang tepat untuk disantap di saat buka puasa tiba. Pilihan pertama jatuh pada Daging Gepuk. Kalau diartikan dalam bahasa jawa, menu yang satu ini sama artinya dengan daging yang dipukul-pukul. Perumpamaan ini ternyata sedikit mirip dengan wujudnya, lho. Daging Gepuk ini sejenis empal yang biasanya sebelum diolah dipukul-pukul terlebih dahulu agar lebih empuk. Selain Daging Gepuk, ada juga berbagai macam aneka pepes ikan yang cocok dipasangin dengan masakan sunda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: